SamBOS Catering Samarinda Siap Melayani Gawe Anda 085251609060.....Paket Prasmanan, paket Nasi Tumpeng, Bento, Nasi Kotak, dll ..Alamat Jl. M. Said Gg. Jembatan 2 Samarinda

Jumat, 20 Maret 2015

Delapan Persiapan Utama Sebelum Memulai Bisnis

Kedai SamBas melayani pesan antar 085251609060 jl MT Hariono Samarinda Ulu Jus Buah ////Sup Buah/////.....8 ribuan..
Paket ayam Goreng jumbo 16 rb,,,paket ayam bakar jumbo 18 rb,,paket ikan lele 16 rb,,,paket ikan nila goreng 23 rb Paket ikan nila bakar 25 rb,,
Keuntungan besar, waktu kerja fleksibel, serta menjadi bos untuk diri sendiri, membuat berbisnis terdengar sangat menggiurkan. Namun, pastikan dulu Anda memiliki persiapan sebelum mulai berbisnis. Bagaimana caranya?

1. Kenali pasar
Cari tahu siapa pasar produk Anda, bagaimana permintaan pasar dan prospek produk, serta siapa saja kompetitor Anda. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah meraih pelanggan. Jika perlu lakukan uji coba produk dan tanyakan pendapat mereka tentang produk tersebut.
2. Unik dan sesuai minat
Bisnis haruslah bermanfaat bagi orang lain dan memiliki keunikan sehingga menarik minat pembeli. Kalaupun barang/jasa yang dijual sama, harus ada nilai tambahnya dibanding produk sejenis. Oleh karena itu, akan lebih baik jika bisnis timbul dari hati alias sesuai passion, sehingga Anda melakukannya dengan optimal. Apalagi jika ditunjang dengan keahlian dan pengalaman. Selalu berpikir kreatif dan out of the box juga menjadi kunci menghasilkan produk atau jasa yang unik.
3. Susun rencana bisnis
Menyusun rencana atau strategi sebelum memulai bisnis wajib dilakukan. Buat beberapa rencana, baik jangka pendek dan jangka panjang sehingga adaptif terhadap perubahan yang sangat mungkin terjadi di masa mendatang.
Dengan menyusun rencana usaha, Anda juga mengetahui besaran modal, kapasitas produksi, sumber daya manusia, dan keperluan lain yang dibutuhkan. Dengan demikian potensi risiko bisnis dapat diminimalkan.
4. Siapkan modal
Jangan sampai rencana bisnis Anda hanya jalan di tempat lantaran modal yang tak cukup. Atau justru kehabisan modal di tengah jalan dan mengganggu proses produksi. Segera cari solusi untuk mendapatkan modal, misalnya uang tabungan, INVESTOR, pinjaman dari bank, atau bermitra. Penting juga untuk memahami pengetahuan dasar pengelolaan keuangan dan pembiayaan.
5. Perluas jaringan
Selalu jaga komunikasi dengan relasi Anda, entah melalui telepon, e-mail, bertemu langsung untuk lunch meeting, atau lewat media sosial. Bisa juga dengan bergabung dalam komunitas atau mengikuti berbagai event yang terkait dengan jenis usaha Anda. Semakin kuat jaringan Anda, semakin tercipta peluang untuk mempromosikan dan memasarkan produk. Kelangsungan usaha pun semakin terjaga.
6. Pemasaran efektif
Rahasia sukses penjualan adalah pemasaran yang efektif, sehingga penghasilan dapat terus meningkat. Apa saja trik pemasaran yang efektif? Pertama, membuat nama brand yang kreatif sehingga mudah melekat di kepala konsumen. Kedua, tentukan cara pemasaran yang cocok, apakah langsung, lewat sales, toko online/offline. Ketiga, lakukan promosi efektif, salah satunya bisa menggunakan media sosial.
7. Perilaku positif
Menjalankan bisnis berarti harus siap dengan segala risiko. Sukses butuh waktu, sikap pantang menyerah, dan berbagai positive attitude yang dibutuhkan untuk selalu jeli melihat peluang dan mengambil pengalaman positif dari setiap kegagalan.
8. Optimalkan SDM
Sumber Daya Manusia (SDM) memegang peranan penting dalam keberhasilan usaha. Di sinilah pentingnya mempelajari manajemen SDM sehingga Anda bisa merekrut pegawai yang tepat dan potensial, dapat memotivasi pegawai dengan baik, membuat kinerja mereka optimal, serta membuat sistem penilaian kinerja yang fair.
Demikian persiapan sebelum mulai berbisnis yang bisa Anda jadikan pegangan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar