SamBOS Catering Samarinda Siap Melayani Gawe Anda 085251609060.....Paket Prasmanan, paket Nasi Tumpeng, Bento, Nasi Kotak, dll ..Alamat Jl. M. Said Gg. Jembatan 2 Samarinda

Rabu, 21 Januari 2015

Ikam Mas Asam Manis Rasa Mantap....enak poolll....

 Ikan Mas Asam Manis adalah Salah satu Menu andalan Kedhai Sam Bos,,,,dimana di Sajikan dengan Hangat Yang membuat kita terasa Ngileeeer ...bila tidak segera makan. Cukup 25 000  kita bisa makan puas :

1 ekor Ikan mas dimasak asam Manis
1 porsi Lalapan
1 Porsi Nasi

Dijamin Bikin Kangen.....100 %

Ikan Mas dan Kesehatan Tubuh



Ikan mas dikenal sebagai ikan berduri lembut. Dagingnya enak dan gurih. Apalagi kalau ikan inidimasak dalam kondisi segar. Digulai, digoreng, dibakar atau dipanggang, dipepes atau dikukus atau dimasak apa saja, rasa dagingnya sama enak dan gurihnya. Karena itu penyantap ikan mastidak pernah berkurang meskipun harganya relatif tinggi disbanding menu ikan lele misalnya.
1333079454463608092
Gulai ikan mas
Daging ikan mas mengandung zat gizi yang komplit dan cukup tinggi. Manfaatnya sangat besar bagi kesehatan tubuh manusia. Baik buat mereka yang masih anak-anak maupun yang sudah uzur. Sebetulnya, kandungan gizi semua jenis ikan air tawar hampir sama dengan ikan air laut. Jadi, ikan mas yang sudah dibudidayakan secara meluas itu merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang sangat baik dan prospektif, sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah cukup. Sedangkan keunggulan utama protein ikan pada umumnya adalah kelengkapan komposisi asam amino dan kemudahannya untuk dicerna.
Asam amino merupakan unit terkecil dari protein dan bisa diproduksi oleh tubuh manusia (asam amino nonesensial) untuk membuat protein dalam tubuh. Sedangkan asam amino yang tidak bisa diproduksi tubuh adalah asam amino esensial yaitu argininhistadinisoleusinlysinmethionin,phenilalaninthereonintriptofan, dan valin. Dan yang dikatakan sebagai protein lengkap adalah protein yang mengandung sembilan asam amino esensial tersebut. Sebagai contoh dari protein lengkap adalah protein yang terkandung antara lain dalam ikan (Wirakusumah, Emma S. dalam Buah dan Sayur untuk Terapi; Siswono dalam Ikan Air Tawar Kaya Protein dan Vitamin, www.gizi.net).
Barangkali karena itu, di Mempawah, Kalimantan Barat, ada yang percaya, mengonsumsi ikan mas seminggu tiga kali, bisa mempertahankan dan meningkatkan stamina (Eloknya Bisnis Ikan Mas Kuning dan Merah, www.harianberkat.com, 13 March 2009). Bukan hanya itu. Bila rajin mengonsumsi sedikitnya 250 gram seminggu, dapat mengurangi resiko serangan stroke atau jantung.
Ikan mas yang juga kaya lemak bisa diandalkan karena dapat meningkatkan kadar ‘kolesterolyang baik’ yaitu HDL’: bisa melonggarkan pembuluh arteri yang menyempit; dan menormalkan detak jantung yang tidak teratur yang kerap kali menimbulkan kematian mendadak. Hanya saja, ikan yang dikonsumsi, dimasak tanpa minyak goreng, agar komposisi lemaknya tidak rusak. Sebaiknya ikan dimasak dengan cara dipepes, disup, atau dikukus (Apriadji, Wied Harry dalam Makanan Juga Bisa Berfungsi Sebagai Obat, Sedap Sekejap Edisi 7/II Juli 2001).
Kandungan Zat Gizi Ikan (Per 100 Gram dari Bagian yang Dapat Dimakan)
I k a n S e g a r
Ikan Gabus Segar
Ikan Mas Segar
Zat Gizi
Bobot Kandungan
Zat Gizi
Bobot Kandungan
Zat Gizi
Bobot Kandungan
Kalori (kal)
113,0.
Kalori (kal)
74,0.
Kalori (kal)
86,0
Protein (gram)
17,0.
Protein (gram)
25,2.
Protein (gram)
16,0
Lemak (gram)
4,5.
Lemak (gram)
1,7.
Lemak (gram)
2,0
Karbohidrat (gram)
0,0.
Karbohidrat (gram)
0,0.
Karbohidrat (gram)
0,0
Kalsium (mg)
20.0.
Kalsium (mg)
62,0.
Kalsium (mg)
(20,0)
Fosfor (mg)
200,0.
Fosfor (mg)
176,0.
Fosfor (mg)
(150,0)
Besi (mg)
1,0.
Besi (mg)
0,9.
Besi (mg)
(2,0)
Vitamin A (SI)
150,0.
Vitamin A (SI)
(150,0.).
Vitamin A (SI)
(150)
Vitamin B1 (mg)
0,05.
Vitamin B1 (mg)
0,04.
Vitamin B1 (mg)
(0,05)
Vitamin C (mg)
0,0.
Vitamin C (mg)
0,0.
Vitamin C (mg)
0,0
Air (gram)
76,0.
Air (gram)
69,4.
Air (gram)
80,0
Bagian yang Dapat Dimakan – bdd (%)
(80,0.).
Bagian yang Dapat Dimakan – bdd (%)
64,0.
Bagian yang Dapat Dimakan – bdd (%)
(80,0)
Sumber: Daftar Komposisi Bahan Makanan, Departemen Kesehatan RI
Yang lebih khas lagi adalah kepala ikan mas yang ternyata multifungsi. Apa itu ? Dalam dunia pemijahan ikan, otak ikan mas tidak hanya berperan penting dalam mempercepat ovulasi (lepasnya telur dari indung telur) untuk ikan mas saja, melainkan juga untuk ikan lele dan patin. Rupanya, di dalam otak ikan mas itu, terdapat kelenjar yang namanya ‘kelenjar hipofisa’ yang menghasilkan hormon yang bisa mempercepat ovulasi tersebut.
Barangkali karena ‘kelenjar hipofisa’ yang terdapat pada kepala ikan mas terbukti mampu mempercepat ovulasi ikan mas, lele dan patin, maka masakan menu kepala ikan umumnya dan kepala ikan mas khususnya disukai banyak orang. Jangan jangan penggemar kepala ikan tersugesti oleh “keampuhan” kelenjar hipofisa...??? -***-.Set.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar