SamBOS Catering Samarinda Siap Melayani Gawe Anda 085251609060.....Paket Prasmanan, paket Nasi Tumpeng, Bento, Nasi Kotak, dll ..Alamat Jl. M. Said Gg. Jembatan 2 Samarinda

Selasa, 24 Maret 2015

Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuka Usaha


Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Anda Sendiri

Jika anda ingin mencoba untuk terjun ke dunia wirausaha dan menjalankan sebuah bisnis ada beberapa hal yang harus anda persiapkan terlebih dahulu agar siap dalam menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi.
Sebelum kita membahas beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai sebuah bisnis ada baiknya anda membaca artikel tentang Manfaat Dan Keuntungan Menjadi Entrepreneur Atau Wirausaha.

Menjadi wirausaha memang lebih menantang dibanding menjadi pegawai tapi ada banyak keuntungan yang bisa anda dapat hanya dengan menjadi wirausaha, jika sobat sudah tahu apa saja itu langsung saja berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan :




Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Anda Sendiri

1. Rencanakan dan Tentukan Tujuan Anda


Baca Juga : Mengapa Usaha Anda Harus Memiliki Logo

Sebelum memulai bisnis, Buatlah rencana sebanyak mungkin untuk kedepannya dan tujuan mau dijadikan seperti apa bisnis anda nanti agar dapat meminimalkan masalah yang akan anda hadapi kelak. Rencana dan tujuan anda haruslah fleksibel agar dapat mengikuti perkembangan jaman.

2. Persiapkan Diri Anda Untuk Kinerja Tinggi


Ketika anda membuka sebuah usaha, maka andalah bosnya. Berhasil atau tidaknya bisnis anda bergantungpada anda, pada awalnya anda memang harus bekerja ekstra lebih keras tetapi kedepannya ketika bisnis sudah stabil anda akan bisa lebih santai.

Tetapi anda harus siap mental untuk menghadapi masalah yang akan muncul, jangan mudah stres hanya karena anda belum mendapatkan keuntungan atau hasilnya. Gunakanlah rencana lain, itu dia pentingnya poin nomor 1 :)

3. Membutuhkan Uang Yang Cukup Dan Analisa Keuangan


Jika anda ingin membuka sebuah restoran atau rumah makan, tentu anda harus menganalisa berapa modal awal anda, biaya menyewa atau membeli sebuah tempat, biaya renovasi bangunan agar benar-benar terlihat seperti restoran, Biaya untuk menggaji karyawan, Biaya untuk promosi, Dan Bagaimana dan darimana saja agar modal anda bisa kembali dan anda juga mendapatkan keuntungan.

Baca Juga : Perbedaan Biaya Peluang Dengan Biaya Sehari-Hari

4. Bangun Jaringan Dan Tim Sukses Anda


Buat jaringan dan kerjasama dengan orang-orang yang memang cocok dengan bisnis anda atau untuk membantuk kekurangan dari bisnis anda. Karena sebuah bisnis bisa terjatuh kapan saja, tetapi dengan mempunyai banyak jaringan maka bisnis anda akan banyak terbantu. 

Bisa saja bisnis anda terbantu dengan pelanggan anda yang puas dengan pelayanan dari bisnis anda lalu dia menceritakannya ke teman-temannya dan seterusnya maka pelanggan anda pun berkemungkinan akan semakin banyak.





5. Kenali Produk Anda Dan Pasar


Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Anda Sendiri

Apa kelebihan produk anda dibandingkan produk lain? tekankan kelebihan tersebut pada saat promosi.
Apakah harga jual produk anda sudah cukup bersaing? Jangan beri harga terlalu murah untuk menarik pembeli, karena anda juga harus mendapatkan keuntungan. 


Baca juga : Cara Memasarkan Produk Yang Paling Efektif

Kapan waktu terbaik anda mengenalkan bisnis anda? Waktu terbaiknya adalah ketika bisnis anda memang benar-benar siap dan sudah dapat memuaskan pelanggan anda, jangan terburu buru karena jika anda belum mempersiapkan untuk menghadapi permasalahan yang ada maka akan berakibat fatal pada keberhasilan bisnis anda.
dan siapakah calon pembeli anda? Anda menjual produk shampo? maka target utama penjualan anda adalah perempuan dan wanita dewasa, maka gunakanlah model perempuan dan wanita dewasa yang memiliki rambut yang bagus. Dan jika anda menjual produk dewasa maka jangan memasang iklan pada jam pagi hari libur apalagi pada acara kartun, tahu sendiri kan nantinya akan seperti apa? :D


6. Jadilah Bisnis Yang Unik


Biasanya bisnis yang unik dan baru dikenal masyarakat akan lebih mudah berhasil, tetapi tidak dijamin akan seberapa lama bisnis anda bisa berhasil karena itu semua juga tergantung akan kreatifitas anda kedepannya.

Baca Juga : Cara Promosi Online yang Efektif

7. Trik Pemasaran Dan Promosi


Jika orang tidak mengenal bisnis anda, maka tidak akan ada yang membelinya karena orang tidak mau membeli produk yang tidak mereka kenal. Oleh karena itu sisihkan uang dan perbanyaklah melakukan promosi untuk memperkenalkan produk anda. 


Produk produk terkenal pasti banyak sekali konsumen dan pelanggannya karena mereka sudah kenal dengan produk tersebut, dan kini konsumenlah yang mencari produk tersebut, bukan produk tersebut yang mencari konsumen. Tetapi kesuksesan mereka juga pasti diawali dengan promosi.

Baca Juga : Cara Promosi Offline yang Efektif

Sekian dulu artikel dari saya tentang Hal yang harus dipersiapkan sebelum menjalankan sebuah bisnis. Semoga bisnis anda bisa semakin sukses kedepannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar